Sejarah UNCLOS Tahun 1982

UNCLOS III TAHUN 1982

 

  1. A.    Sejarah UNCLOS III TAHUN 1982

Konferensi PBB pertama tentang hukum laut bertemu di Jenewa dari 24 Februari-29 April 1958. Sebanyak 86 negara yang diwakili pada diskusi. Untuk sebagian besar apa yang dicapai adalah kodifikasi praktek adat pada waktu itu. Ada upaya untuk berlayar ke dalam air unchartered (sehingga-untuk-berbicara), tapi sedikit kemajuan telah dibuat. Ketidakmampuan UNCLOS I untuk menyelesaikan beberapa masalah menjengkelkan, termasuk khususnya lebar laut teritorial, menyebabkan UNCLOS kedua pada tahun 1960 dan akhirnya pada UNCLOS III, yang berlangsung dari Desember 1973 sampai Desember 1982. Kesepakatan yang dicapai selama UNCLOS I dirangkum dalam empat konvensi berikut:

  1. Konvensi tentang High Seas
  2. Konvensi tentang Laut Teritorial dan Zona Tambahan
  3. Konvensi tentang Landas Kontinen
  4. Konvensi tentang Perikanan dan Konservasi Sumberdaya Alam Hayati Laut Tinggi.

Konvensi pada High Seas. Konvensi di laut lepas mulai dengan mendefinisikan laut lepas untuk menjadi, Sementara ini dikotomi mencerminkan pemikiran yang lebih-atau-kurang tradisional “semua bagian dari laut yang tidak termasuk dalam laut teritorial atau dalam perairan pedalaman suatu Negara.” pada saat itu, itu diubah menjadi divisi tripartit selama UNCLOS III – laut teritorial, zona ekonomi eksklusif, dan laut lepas. Konvensi di laut lepas melanjutkan untuk menentukan kebebasan tertentu itu sudah diambil untuk diberikan: kebebasan navigasi, kebebasan memancing, kebebasan untuk meletakkan kabel dan pipa bawah laut, dan kebebasan overflight. Sebuah peringatan penting untuk kebebasan tersebut adalah ketentuan bahwa Setidaknya dalam kasus hak penangkapan ikan, peringatan ini ditandai signifikan “mereka harus dilakukan dengan memperhatikan wajar untuk kepentingan negara lain dalam latihan mereka tentang kebebasan laut lepas.” keberangkatan dari sudut pandang Grotian bahwa laut lepas adalah res nullius. Peringatan presaged sudut pandang, kemudian dinyatakan dalam UNCLOS III, bahwa laut lepas adalah res communis. Setelah artikel dalam konvensi di laut lepas dikodifikasikan praktek-praktek tradisional yang bersangkutan dengan (1) tanggung jawab terkait dengan tabrakan di laut, (2) perbudakan, (3) pembajakan, (4) mengejar panas, dan (5) pencemaran.

Konvensi tentang Laut Teritorial dan Zona Tambahan. Pasal 1 dari konvensi ini secara eksplisit menyatakan, “Kedaulatan Negara meluas, melampaui wilayah daratan dan perairan internal, ke sabuk laut berdekatan dengan pantainya, digambarkan sebagai laut teritorial.” Meskipun konsensus kodifikasi Den Haag 1.930 Konferensi telah bahwa kedaulatan negara pesisir diperluas ke wilayah laut, ini adalah kodifikasi pertama konsep ini dalam sebuah perjanjian internasional. Pasal 3 melanjutkan untuk menentukan dasar dari mana lebar laut teritorial adalah untuk diukur: “The dasar normal untuk mengukur luasnya laut teritorial adalah garis air rendah sepanjang pantai seperti yang ditandai pada skala besar grafik resmi diakui oleh negara pantai “Meskipun demikian mendefinisikan dasar laut teritorial., para delegasi pada UNCLOS saya tidak dapat mencapai kesepakatan tentang apa yang lebar laut teritorial harus. Karena masalah ini adalah salah satu motivasi utama untuk UNCLOS I, kegagalan untuk mencapai kesepakatan tentang masalah ini dianggap sebagai kelemahan paling mencolok dari konferensi.

Menariknya, konferensi menyepakati konsep zona bersebelahan memperluas luar laut teritorial di mana sebuah negara pantai memiliki kewenangan untuk mencegah pelanggaran adat istiadat, fiskal, imigrasi atau peraturan sanitasi dalam wilayahnya atau laut teritorial. Zona tambahan didefinisikan untuk “tidak melampaui dua belas mil dari garis dasar dari mana luasnya laut teritorial diukur.” Sebuah zona tambahan sehingga didefinisikan tidak masuk akal kecuali lebar laut teritorial adalah kurang dari dua belas mil. Pada saat konferensi Amerika Serikat disukai laut enam mil teritorial, dan konsep ini didukung oleh negara-negara lain, termasuk Swedia, Ceylon (sekarang Sri Lanka), Italia, dan Inggris. Kelompok kedua, termasuk India, Meksiko, Columbia, Yugoslavia, dan Uni Soviet disukai lautan dua belas mil teritorial. Chile, Ekuador, dan Peru, penandatangan Deklarasi Santiago, berpendapat untuk laut 200 mil teritorial.

Sebuah peringatan penting bagi kedaulatan negara pesisir di laut teritorial adalah hak istimewa kapal dari semua negara, baik pesisir atau tidak, untuk menikmati hak lintas damai melalui laut teritorial. Bagian didefinisikan sebagai bersalah jika itu tidak merugikan kedamaian, ketertiban, atau keamanan negara pantai. Definisi ini agak kabur meninggalkan lintang tertentu untuk interpretasi. Kapal militer seperti kapal perang dan kapal induk, misalnya, tidak disebutkan secara eksplisit. Dalam kondisi yang tepat, akan bagian dari kapal-kapal tersebut dianggap tidak bersalah? Menariknya, konvensi tidak membuat menyebutkan khusus kapal selam. Kapal selam berhak atas hak lintas damai selama mereka menavigasi di permukaan dan menunjukkan bendera mereka. Implikasinya akan tampak bahwa kapal permukaan militer juga akan berhak atas hak lintas damai asalkan mereka menunjukkan bendera mereka.

Konvensi tentang Landas Kontinen.

Konvensi ini pada dasarnya mengikuti utama dari Proklamasi Truman dan klaim selanjutnya Tengah beberapa negara Amerika Latin. Konvensi tersebut mendefinisikan landas kontinen sebagai “yang berdekatan laut dan bawah tanah dari daerah bawah laut ke pantai tetapi di luar wilayah laut teritorial, hingga kedalaman 200 meter atau, di luar batas itu, ke mana kedalaman perairan diatasnya mengakui dari eksploitasi sumber daya alam dari daerah tersebut “dan” dasar laut dan tanah di bawahnya dari daerah bawah laut yang sama berdekatan dengan pantai pulau-pulau. “Menurut konvensi ini, negara pantai hak berdaulat atas landas kontinen untuk tujuan eksplorasi dan pemanfaatan sumber daya alamnya. Sumber daya alam didefinisikan untuk mencakup non-hidup sumber daya, seperti mineral, dan “organisme hidup milik spesies menetap, yang mengatakan, organisme yang, pada tahap ditebang, baik yang bergerak pada atau di bawah dasar laut atau tidak bisa bergerak kecuali dalam kontak fisik konstan dengan dasar laut atau lapisan tanah. “Konvensi secara khusus menyatakan bahwa” hak-hak Negara pantai atas landas kontinen tidak mempengaruhi status hukum perairan diatasnya sebagai laut lepas, atau bahwa wilayah udara di atas mereka perairan. “berubah Salah satu elemen merepotkan konvensi di landas kontinen keluar menjadi masalah spesies menetap. Beberapa tahun setelah adopsi konvensi, perselisihan muncul antara Perancis dan Brasil mengenai panen lobster di landas kontinen Brasil. Jepang juga menolak untuk mengakui kepiting sebagai spesies menetap. Masalah spesies menetap akhirnya menjadi diperdebatkan dengan penciptaan 200 mil zona ekonomi eksklusif oleh UNCLOS III.

 

Konvensi Memancing dan Konservasi Sumberdaya Alam Hayati Laut Tinggi.

Konvensi ini tampaknya didorong oleh dua masalah dasar. Pertama, dengan isu-isu over-eksploitasi, diharapkan bahwa tekanan dari negara-negara pantai untuk memperpanjang laut teritorial mereka mungkin berkurang. Kedua, negara-negara yang sudah menandatangani perjanjian untuk melestarikan saham tertentu ingin perjanjian tersebut harus diakui dalam konvensi tersebut. Sayangnya konvensi memiliki banyak kekurangan dan dalam waktu singkat digantikan oleh praktik negara.

Setelah UNCLOS III menjadi sebagian besar usang. Namun demikian, konvensi berisi beberapa bahasa penting yang mempengaruhi diskusi selama UNCLOS III. Secara khusus, konvensi didefinisikan konservasi sumber daya hayati laut bebas sebagai “agregat tindakan render mungkin hasil yang berkelanjutan yang optimal dari sumber daya sehingga dapat mengamankan pasokan maksimum makanan dan hasil laut lainnya. Program konservasi itu harus dirumuskan dengan tujuan utama mengamankan pasokan pangan untuk konsumsi manusia. Seperti halnya dalam konvensi di laut lepas, ketentuan tersebut menandai keberangkatan yang cukup besar dari sikap Grotian res nullius dan secara implisit mengakui bahwa sumber daya hayati laut yang tidak habis-habisnya dan memang bahwa penggunaan cerdas mereka diperlukan beberapa tingkat manajemen konservasi.

Salah satu aspek yang paling sulit dari konvensi adalah mekanisme untuk menyelesaikan sengketa yang dijelaskan dalam artikel 9-12. Sengketa itu harus diselesaikan melalui arbitrase mengikat. Kondisi ini mungkin lebih dari apa pun membuat negara-negara besar nelayan enggan menandatangani konvensi. Masalah yang sulit lainnya adalah kegagalan konvensi untuk menentukan zona memancing dan kegagalan untuk secara memadai melindungi sumber hidup dari laut. Masalah zona perikanan baik digambarkan oleh serangkaian perang cod antara Islandia dan Inggris. Yang pertama terjadi pada tahun 1958 dan dipicu oleh kegagalan UNCLOS I untuk mencapai kesepakatan tentang lebar laut teritorial. Tak lama setelah kesimpulan dari UNCLOS I, Islandia secara sepihak memperluas zona memancing untuk dua belas mil. Yang kedua terjadi pada 1972-1973 ketika Islandia diperpanjang zona memancing untuk 50 mil. Yang terakhir terjadi antara November 1975 dan Juni 1976, ketika Islandia menyatakan otoritas atas lautan untuk jarak 200 mil dari garis pantainya. Yang kedua dari perang cod terjadi tepat sebelum UNCLOS III, dan yang ketiga terjadi selama UNCLOS III.

Meskipun tidak ada orang meninggal dan beberapa tembakan dilepaskan, Islandia pantai penjaga kapal memotong jaring pukat Inggris, dan ada rammings banyak melibatkan kapal trawl Islandia dan Inggris dan fregat. Sengketa ini dirujuk ke Mahkamah Internasional (IJC) oleh Inggris dan Republik Federal Jerman (FRG), namun Islandia menolak mengakui yurisdiksi Mahkamah Internasional dan tidak ambil bagian dalam proses. Realitas politik dan konsensus pendapat di UNCLOS III akhirnya diselesaikan sengketa mendukung Islandia, dan kedua Inggris dan FRG kemudian mendirikan 200 zona memancing mil dari mereka sendiri. Jelas isu zona memancing adalah isu yang sensitif. Meskipun benar bahwa konvensi diartikulasikan beberapa tujuan mulia untuk pengelolaan sumber daya hayati laut, kegagalan yang luar biasa dalam banyak kasus negara untuk mengelola stok ikan secara berkelanjutan di tahun-tahun berikutnya telah menggarisbawahi kegagalan konvensi untuk mengidentifikasi mekanisme untuk memfasilitasi pengelolaan sumber daya hayati dengan cara yang konsisten dengan tujuan konvensi. Pada saat ini hanya 37 negara telah meratifikasi konvensi tersebut, dan mereka hanya tiga belas secara aktif terlibat dalam penangkapan ikan. Terutama hilang dari daftar penandatangan adalah Jepang, Indonesia, Rusia, Peru, Chile, dan India.

Salah satu masalah yang lebih umum UNCLOS I adalah fakta bahwa sayangnya terjadi selama senja kekuasaan kolonial Eropa. Meskipun di tahun 1958 Prancis telah melepaskan kontrol atas harta Afrika-nya, Portugal dan Inggris masih mempertahankan imperium kolonial yang cukup. Akibatnya, hanya 86 negara yang diwakili di UNCLOS I. Sebagai perbandingan, 137 negara berpartisipasi dalam UNCLOS III. Untuk beberapa UNCLOS sejauh saya mewakili kodifikasi sikap sebagian besar Eropa tentang hukum laut. Dalam sepuluh tahun jumlah negara yang berkepentingan dengan hukum laut dan distribusi geografis mereka telah berubah secara dramatis. Dalam banyak kasus negara-negara yang baru merdeka memiliki sikap yang agak berbeda tentang hukum laut dari 86 negara yang berpartisipasi dalam UNCLOS I. Hasilnya telah bahwa UNCLOS I, meskipun tentu sebuah tonggak penting dalam sejarah hukum laut, memiliki telah sangat banyak dibayangi oleh kesepakatan yang dicapai selama UNCLOS III.

UNCLOS II DAN PERKEMBANGAN TERKEMUKA UNTUK UNCLOS III

Konferensi PBB kedua pada hukum laut diadakan di Jenewa dari tanggal 17 sampai April 26, 1960. UNCLOS II secara khusus dipanggil oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk menyelesaikan masalah lebar laut teritorial dan batas perikanan. Pada saat konferensi dua puluh dua negara mengklaim tiga mil laut teritorial, enam belas mengklaim laut teritorial antara empat dan dua belas mil, tiga belas mengklaim laut teritorial dua belas mil, dan dua mengklaim laut teritorial yang lebih luas dari dua belas mil. Semua proposal yang diajukan ke konvensi berpendapat untuk laut teritorial yang lebih luas dari tiga mil. Amerika Serikat dan Kanada mengusulkan enam mil laut teritorial dan zona perikanan dengan memperluas enam mil tambahan. Usulan AS-Kanada gagal dengan satu suara untuk mendapatkan mayoritas dua pertiga yang dibutuhkan untuk diadopsi, dan konferensi akhirnya menyimpulkan tanpa mencapai kesepakatan apapun. Menyusul kegagalan UNCLOS II, banyak negara mulai bertindak secara sepihak untuk membangun baik laut yang lebih luas teritorial dan / atau zona perikanan.

Perpanjangan Zona Perikanan Eksklusif AS. Pada tahun 1966, Kongres AS meloloskan Hukum Publik 89-658, yang diperpanjang AS perikanan zona sembilan mil di luar tiga mil laut teritorial, pada dasarnya menciptakan zona dua belas mil perikanan di mana AS dilaksanakan hak yang sama berkaitan dengan perikanan yang itu dilakukan di wilayah laut. Amerika Serikat memiliki banyak perusahaan. Pada tahun 1960 hanya enam negara telah mengklaim zona memancing dari dua belas mil. Pada tahun 1971 jumlah tersebut telah meningkat menjadi dua puluh lima. Montevideo, Lima, dan Domingo Santa Deklarasi.

Pada tahun 1970 sejumlah negara Amerika Selatan itu mengklaim 200 mil laut teritorial, dan Nikaragua telah membentuk zona 200 mil perikanan. Dalam dua tahun ke depan serangkaian tiga pertemuan menghasilkan deklarasi multilateral yang jelas menunjukkan penolakan hampir universal oleh negara-negara Amerika Selatan doktrin dari laut teritorial tiga mil. Pada tahun 1970 Uruguay mengundang semua negara Amerika Latin dengan 200 mil klaim untuk sebuah pertemuan di Montevideo. Pertemuan ini menghasilkan Deklarasi Montevideo, yang ditandatangani oleh Argentina, Brazil, Chili, Ekuador, El Salvador, Nikaragua, Panama, Peru, dan Uruguay. Deklarasi ini mengakui hak negara pantai untuk menetapkan batas maritim yang tepat sambil menjaga hak-hak negara lain untuk navigasi dan penerbangan. Sebuah deklarasi serupa juga dikeluarkan kemudian tahun yang sama di Lima dan ditandatangani oleh Columbia, Republik Dominika, Guatemala, Honduras, dan Meksiko di samping penandatangan Deklarasi Montevideo. Kedua deklarasi pada dasarnya berusaha (1) pembentukan posisi regional tentang masalah lebar laut teritorial dan (2) penerimaan internasional untuk posisi ini. Dua tahun kemudian sepuluh negara Amerika Latin bertemu di Santa Domingo dan menandatangani deklarasi yang disediakan untuk dua belas mil laut teritorial dan 200 mil “laut patrimonial”.

Ketidakpuasan negara-negara Amerika Latin dengan tiga mil laut teritorial dicerminkan oleh perasaan banyak negara Afrika. Pada tahun 1973, misalnya, Tanzania sepihak memperluas wilayah laut sampai 50 mil. Meskipun ini tindakan tertentu bisa dirasionalisasi sampai batas tertentu atas dasar masalah keamanan, faktanya adalah bahwa tahun 1973 Tanzania Proklamasi mencerminkan perasaan banyak negara-negara Afrika yang baru muncul, yang benar mengakui bahwa mereka telah tidak punya hak suara dalam penentuan hukum yang masih ada dari kebijakan laut. Mereka menunjuk ke kegagalan UNCLOS I dan II sebagai pembenaran untuk mengambil tindakan sepihak untuk memperpanjang laut teritorial mereka.

UNCLOS III

Dengan latar belakang ini, konferensi PBB ketiga pada hukum laut yang diselenggarakan di New York pada bulan Desember 1973. Dihadiri oleh lebih dari 3.000 delegasi dari 157 negara, itu adalah multilateral terbesar perjanjian pembuatan konferensi dalam sejarah. Konferensi ini berlangsung selama total 585 hari selama sebelas sesi selama sembilan tahun. Konvensi yang dihasilkan oleh konferensi dibuka untuk ditandatangani pada 10 Desember 1982 di Montego Bay, Jamaika. Konvensi ini mulai berlaku pada tanggal 14 November 1994, satu tahun setelah negara ke-60, Guyana, menandatanganinya. Sebuah fitur penting dari musyawarah adalah fakta bahwa hal-hal substantif yang harus diselesaikan di bawah proses konsensus daripada suara mayoritas dalam upaya untuk mengurangi kemungkinan bahwa blok negara akan mendominasi perundingan.

Pekerjaan para delegasi dibagi antara tiga komite. Komite 1 prihatin dengan eksplorasi dan eksploitasi dari dalam laut. Komite 2 diberi campuran tas tugas termasuk laut lepas, laut teritorial, zona bersebelahan, landas kontinen, pengelolaan sumber daya hayati, selat internasional, isu-isu yang berkaitan dengan kepulauan, dan zona ekonomi eksklusif. Komite 3 prihatin dengan penelitian ilmiah, pelestarian lingkungan laut, dan transfer teknologi. Meskipun sejumlah besar tugas yang diberikan kepada Komite 2, masalah utama dalam mencapai kesepakatan yang ditemui dalam Komite 1, di mana negara-negara berkembang dan negara-negara industri memiliki poin yang sangat berbeda pandang. Negosiasi akhir berlangsung selama dua tahun pertama pemerintahan Presiden AS Ronald Reagan, yang menentang dengan alasan ideologis aspek-aspek tertentu dari perjanjian dasar laut dalam. Pada masalah adalah eksploitasi kemungkinan nodul mangan, yang pada saat itu dianggap sebagai sumber yang mungkin berharga dari logam tertentu. Itu masuk akal untuk mengasumsikan bahwa negara-negara industri hanya akan memiliki modal dan kemampuan teknologi untuk menambang nodul. Jika sumber daya dasar laut dan perusahaan adalah memang “warisan bersama umat manusia”, negara-negara lain berpendapat bahwa mereka harus diizinkan untuk mendapatkan keuntungan dari eksploitasi nodul mangan oleh negara-negara industri. UNCLOS III mengambil sikap bahwa karena sumber daya dari dasar laut dalam adalah warisan bersama umat manusia, bangsa atau tidak ada perusahaan swasta dapat memanfaatkan mereka untuk tujuan sendiri. Sebaliknya, semua hak terhadap sumber daya tersebut berada dalam umat manusia, dan eksploitasi mereka harus bermanfaat bagi umat manusia secara keseluruhan. Penalaran tersebut adalah kutukan bagi pemerintahan Reagan.

Analisis yang cermat dari kelayakan nodul tambang mangan telah ironisnya menunjukkan bahwa sementara itu teknologi mungkin untuk menambang nodul dari kedalaman beberapa ribu meter, ekonomi pertambangan mereka tidak sangat menarik, setidaknya menurut standar Barat. Dari sudut pandang ekonomi deposito sulfida polimetalik di zona keretakan mungkin terbukti menjadi sumber yang lebih menarik dari logam, tetapi logam tersebut akan tembaga dan seng, tidak nikel dan kobalt. Ironisnya daya tarik ekonomi dari deposito sulfida polimetalik berasal dari kenyataan bahwa, selain tembaga dan seng, mengandung sejumlah kecil perak dan emas. Pengalaman dari deposito tambang analog di darat telah menunjukkan bahwa para penambang lebih-atau-kurang istirahat bahkan pengolahan tembaga dan seng dan membuat keuntungan mereka dari perak dan emas (M. Mottl, pers. Comm.). Beberapa deposito sulfida polimetalik berada dalam 200 mil dari tanah dan dalam kasus seperti itu terletak dalam zona ekonomi eksklusif negara pantai (lihat di bawah) dan karenanya tidak res communis. Dalam retrospeksi, telah pemerintahan Reagan tidak diambil seperti garis keras pada isu nodul mangan, mungkin bisa memperoleh konsesi pada isu-isu yang lebih penting (dalam retrospeksi) lainnya (Ratiner, 1982).

 

  1. B.     Jumlah BAB dan Pasal dalam UNCLOS III 1982

No

BAB

Sub BAB

Jumlah Pasal

1 BAB I. PENDAHULUAN Pasal 1. Penggunaan istilah dan ruang lingkup 1   Pasal
2 BAB II. Laut Teritorial dan Zona Tambahan BAGIAN 1. KETENTUAN UMUM
Pasal 2. Status hukum laut teritorial, dari ruang udara di atas laut teritorial dan tempat tidur dan tanah dibawahnya
BAGIAN 2. BATAS LAUT TERITORIAL
Pasal 3. Luasnya wilayah laut
Pasal 4. Outer batas laut teritorial
Pasal 5. Yang normal dasar
Pasal 6. Karang
Pasal 7. Garis pangkal lurus
Pasal 8. Perairan pedalaman

Pasal 9. Mulut sungai
Pasal 10. Teluk
Pasal 11. pelabuhan
Pasal 12. Tempat berlabuh ditengah laut.
Pasal 13.elevasi surut
Pasal 14. Kombinasi metode untuk menentukan acuan dasar
Pasal 15. Penentuan batas laut teritorial antara Negara dengan pantai yang berlawanan atau berdekatan
Pasal 16. Grafik dan daftar koordinat geografis

BAGIAN 3. Lintas Damai (INNOCENT PASSAGE) DI LAUT TERITORIAL
Sub-bagian A. PERATURAN YANG BERLAKU UNTUK SEMUA KAPAL
Pasal 17. Hak lintas damai
Pasal 18. Arti dari bagian
Pasal 19. Arti lintas damai
Pasal 20. Kapal selam dan kendaraan bawah air lainnya
Pasal 21. Hukum dan peraturan dari Negara pantai yang berkaitan dengan lintas damai
Pasal 22. Alur laut dan skema pemisah lalu lintas di laut teritorial
Pasal 23. Asing bertenaga nuklir kapal dan kapal yang mengangkut zat inheren berbahaya atau beracun nuklir atau lainnya

Pasal 24. Tugas Negara pantai
Pasal 25. Hak perlindungan dari Negara pantai
Pasal 26. Biaya yang dapat dibebankan pada kapal asing
Sub-bagian B. ATURAN YANG BERLAKU BAGI KAPAL DAN PEDAGANG KAPAL PEMERINTAH DIOPERASIKAN UNTUK TUJUAN KOMERSIAL
Pasal 27. Pidana yurisdiksi atas kapal asing

Pasal 28. Sipil yurisdiksi dalam kaitannya dengan kapal asing
Sub-bagian C. ATURAN YANG BERLAKU BAGI KAPAL PEMERINTAH kapal perang dan LAINNYA DIOPERASIKAN UNTUK TUJUAN NON-KOMERSIAL
Pasal 29. Definisi kapal perang
Pasal 30. Ketidakpatuhan oleh kapal perang dengan peraturan perundang-undangan Negara pantai
Pasal 31. Tanggung jawab Negara bendera untuk kerusakan yang disebabkan oleh kapal perang atau kapal pemerintah lainnya yang dioperasikan untuk tujuan non-komersial
Pasal 32. Kekebalan kapal perang dan kapal pemerintah lainnya yang dioperasikan untuk tujuan non-komersial

BAGIAN 4. Zona Tambahan
Pasal 33. Bersebelahan zona

32 Pasal
3 BAB III.

Selat Yang Digunakan Untuk Pelayaran Internasional

BAGIAN 1. KETENTUAN UMUM
Pasal 34. Status hukum perairan selat membentuk digunakan untuk pelayaran internasional
Pasal 35. Ruang Lingkup Bagian ini
Pasal 36. Tinggi laut rute atau rute melalui zona ekonomi eksklusif melalui selat yang digunakan untuk pelayaran internasional
BAGIAN 2. LINTAS TRANSIT
Pasal 37. Lingkup bagian ini
Pasal 38. Hak lintas transit
Pasal 39. Tugas kapal dan pesawat selama lintas transit
Pasal 40. Penelitian dan survei kegiatan
Pasal 41. Alur laut dan skema pemisah lalu lintas dalam selat yang digunakan untuk pelayaran internasional
Pasal 42. Hukum dan peraturan Negara yang berbatasan dengan selat yang berkaitan dengan lintas transit
Pasal 43. Navigasi dan keselamatan alat bantu dan perbaikan lainnya dan pencegahan, pengurangan dan pengendalian pencemaran
Pasal 44. Tugas Negara yang berbatasan dengan selat
BAGIAN 3. LINTAS DAMAI
Pasal 45. Innocent bagian
12 Pasal
4 BAB IV. Negara-Negara Kepulauan (Archipelagic State) BAGIAN 1. KETENTUAN UMUM
Pasal 34. Status hukum perairan selat membentuk digunakan untuk pelayaran internasional
Pasal 35. Ruang Lingkup Bagian ini
Pasal 36. Tinggi laut rute atau rute melalui zona ekonomi eksklusif melalui selat yang digunakan untuk pelayaran internasional
BAGIAN 2. LINTAS TRANSIT
Pasal 37. Lingkup bagian ini
Pasal 38. Hak lintas transit
Pasal 39. Tugas kapal dan pesawat selama lintas transit
Pasal 40. Penelitian dan survei kegiatan
Pasal 41. Alur laut dan skema pemisah lalu lintas dalam selat yang digunakan untuk pelayaran internasional
Pasal 42. Hukum dan peraturan Negara yang berbatasan dengan selat yang berkaitan dengan lintas transit
Pasal 43. Navigasi dan keselamatan alat bantu dan perbaikan lainnya dan pencegahan, pengurangan dan pengendalian pencemaran
Pasal 44. Tugas Negara yang berbatasan dengan selat
BAGIAN 3. LINTAS DAMAI
Pasal 45. Lintas damai
9   Pasal
5 BAB V.

Zona ekonomi Eksklusif

Pasal 55. Spesifik hukum rezim zona ekonomi eksklusif
Pasal 56. Hak, yurisdiksi dan kewajiban Negara pantai di zona ekonomi eksklusif
Pasal 57. Luasnya zona ekonomi eksklusif
Pasal 58. Hak dan kewajiban dari Negara lain di zona ekonomi eksklusif
Pasal 59. Dasar untuk penyelesaian konflik mengenai atribusi hak dan yurisdiksi di zona ekonomi eksklusif
Pasal 60. Buatan pulau, instalasi dan bangunan di zona ekonomi eksklusif
Pasal 61. Konservasi sumber daya hidup
Pasal 62. Pemanfaatan sumber daya hidup
Pasal 63. Saham yang terjadi di dalam zona ekonomi eksklusif dari dua atau lebih Negara pantai atau keduanya dalam zona ekonomi eksklusif dan di daerah luar dan berdekatan dengan itu
Pasal 64. Beruaya spesies
Pasal 65. Kelautan mamalia
Pasal 66. Anadromous saham
Pasal 67. Catadromous spesies
Pasal 68. Menetap spesies
Pasal 69. Hak atas tanah-terkunci Negara
Pasal 70. Hak geografis Negara dirugikan
Pasal 71. Non-penerapan artikel 69 dan 70
Pasal 72. Pembatasan pengalihan hak
Pasal 73. Penegakan hukum dan peraturan dari Negara pantai
Pasal 74. Penentuan batas zona ekonomi eksklusif antara Negara dengan pantai yang berlawanan atau berdekatan
Pasal 75. Grafik dan daftar koordinat geografis
21 Pasal
6 BAB VI: Landasan Kontinental (CONTINENTAL SHELF) Pasal 76. Definisi landas kontinen
Pasal 77. Hak Negara pantai atas landas kontinen.
Pasal 78. Status hukum perairan diatasnya dan ruang udara dan hak-hak dan kebebasan Negara lain
Pasal 79. kabel dan pipa di landas kontinen
Pasal 80. Buatan pulau, instalasi dan bangunan di atas landas kontinen
Pasal 81. Pengeboran di landas kontinen
Pasal 82. Pembayaran dan kontribusi sehubungan dengan eksploitasi landas kontinen di luar 200 mil laut
Pasal 83. Penentuan batas landas kontinen antara Negara dengan pantai yang berlawanan atau berdekatan
Pasal 84. Grafik dan daftar koordinat geografis
Pasal 85. Tunnelling
10 Pasal
7 BAB VII

Laut Lepas

BAGIAN 1. KETENTUAN UMUM
Pasal 86. Penerapan ketentuan Bab ini
Pasal 87. Kebebasan laut lepas
Pasal 88. Reservasi laut tinggi untuk damai
tujuan
Pasal 89. Ketidakabsahan klaim kedaulatan atas laut lepas
Pasal 90. Hak navigasi
Pasal 91. Kebangsaan kapal
Pasal 92. Status kapal
Pasal 93. Kapal terbang bendera Perserikatan Bangsa-Bangsa, badan-badan khususnya dan Badan Energi Atom Internasional
Pasal 94. Tugas Negara Bendera
Pasal 95. Kekebalan kapal perang di laut lepas
Pasal 96. Kekebalan kapal yang digunakan hanya pada pemerintah non-komersial layanan
Pasal 97. Pidana yurisdiksi dalam hal tabrakan atau insiden lainnya navigasi
Pasal 98. Kewajiban untuk memberikan bantuan
Pasal 99. Larangan pengangkutan budak
Pasal 100. Tugas untuk bekerja sama dalam represi pembajakan
Pasal 101. Definisi pembajakan
Pasal 102. Pembajakan oleh kapal, kapal perang atau pesawat udara pemerintah yang awak pemerintah telah memberontak
Pasal 103. Definisi dari kapal bajak laut atau pesawat udara
Pasal 104. Retensi atau kehilangan kewarganegaraan dari kapal bajak laut atau pesawat udara
Pasal 105. Penyitaan kapal bajak laut atau pesawat udara
Pasal 106. Kewajiban kejang tanpa alasan yang memadai
Pasal 107. Kapal dan pesawat yang berhak untuk merebut karena pembajakan
Pasal 108. Gelap lalu lintas di obat-obatan narkotika atau psikotropika
Pasal 109. Tidak sah penyiaran dari laut lepas
Pasal 110. Hak kunjungan
Pasal 111. Hak pengejaran
Pasal 112. Hak untuk meletakkan kabel dan pipa bawah laut
Pasal 113. Melanggar atau cedera dari kabel bawah laut atau pipa
Pasal 114. Melanggar atau cedera oleh pemilik dari kabel bawah laut atau pipa lain kabel bawah laut atau pipa
Pasal 115. Ganti Rugi untuk kerugian yang timbul dalam menghindari cedera kabel bawah laut atau pipa
BAGIAN 2. KONSERVASI DAN PENGELOLAAN SUMBER DAYA HIDUP DARI LAUT LEPAS
Pasal 116. Hak untuk ikan di laut lepas
Pasal 117. Tugas Negara untuk mengadopsi sehubungan dengan tindakan mereka warga negara untuk konservasi sumber daya hayati laut bebas
Pasal 118. Kerjasama Negara-negara dalam konservasi dan pengelolaan sumber daya hayati
Pasal 119. Konservasi sumber daya hayati dari laut lepas
Pasal 120. Kelautan mamalia
35 Pasal
8 BAB VIII.

Rezim Pulau (Regime Of Island)

 Pasal 121. Rezim pulau 1   Pasal
9 BAB IX. Lau Tertutup atau Setengah Tertutup (Enclosed Or Semi-Enclosed)   Pasal 122. Definisi
Pasal 123. Kerjasama Negara yang berbatasan dengan laut tertutup atau semi-tertutup
2   Pasal
10 BAB X.

Hak Negara Tak Berpantai Untuk Akses Ked an Dari Laut Serta Kebebasannnya Transit.

Pasal 124. Penggunaan istilah
Pasal 125. Hak akses ke dan dari laut dan kebebasan transit
Pasal 126. Pengecualian dari penerapan klausul yang paling-favoured-nation
Pasal 127. Bea masuk, pajak dan biaya lainnya
Pasal 128. Zona bebas dan fasilitas kepabeanan lainnya
Pasal 129. Kerjasama dalam pembangunan dan peningkatan sarana transportasi
Pasal 130. Langkah-langkah untuk menghindari atau menghilangkan keterlambatan atau kesulitan lain yang bersifat teknis dalam lalu lintas transit
Pasal 131. Perlakuan yang sama di pelabuhan maritim
Pasal 132. Pemberian fasilitas transit yang lebih besar
9   Pasal
11 BAB XI.

Kawasan (The Area)

BAGIAN l. KETENTUAN UMUM
Pasal 133. Penggunaan istilah
Pasal 134. Ruang Lingkup Bagian ini
Pasal 135. Status hukum perairan dan ruang udara diatasnya

BAGIAN 2. PRINSIP MENGATUR WILAYAH
Pasal 136. Umum warisan umat manusia
Pasal 137. Status hukum Kawasan dan sumber dayanya
Pasal 138. Umum perilaku Negara dalam kaitannya dengan Kawasan
Pasal 139. Tanggung jawab untuk memastikan kepatuhan dan kewajiban untuk kerusakan
Pasal 140. Kepentingan umat manusia
Pasal 141. Penggunaan Kawasan eksklusif untuk tujuan damai
Pasal 142. Hak dan kepentingan yang sah dari negara pantai
Pasal 143. Penelitian ilmiah kelautan
Pasal 144. Transfer teknologi
Pasal 145. Perlindungan lingkungan laut
Pasal 146. Perlindungan kehidupan manusia
Pasal 147. Akomodasi kegiatan di Kawasan dan di lingkungan laut
Pasal 148. Partisipasi negara berkembang dalam kegiatan di Kawasan
Pasal 149. Arkeologi dan sejarah benda-benda
BAGIAN 3. PENGEMBANGAN SUMBER DAYA DARI WILAYAH
Pasal 150. Kebijakan yang berkaitan dengan kegiatan di Kawasan
Pasal 151. Produksi kebijakan
Pasal 152. Latihan kekuatan dan fungsi oleh Otorita
Pasal 153. Sistem eksplorasi dan eksploitasi
Pasal 154. Periodik tinjauan
Pasal 155. Konferensi Ulasan
BAGIAN 4. KEWENANGAN
Sub-bagian A. KETENTUAN UMUM
Pasal 156. Pembentukan Otorita
Pasal 157. Sifat dan prinsip-prinsip dasar Otorita
Pasal 158. Organ Otorita
Sub-bagian B. MAJELIS
Pasal 159. Komposisi, prosedur dan pemungutan suara
Pasal 160. Kekuasaan dan fungsi
Sub-bagian C. DEWAN
Pasal 161. Komposisi, prosedur dan pemungutan suara
Pasal 162. Kekuasaan dan fungsi
Pasal 163. Organ Dewan
Pasal 164. Komisi Perencanaan Ekonomi
Pasal 165. Komisi Hukum dan Teknik
Sub-bagian D. SEKRETARIAT
Pasal 166. Sekretariat
Pasal 167. Staf Otorita
Pasal 168. Internasional karakter Sekretariat
Pasal 169. Konsultasi dan kerjasama dengan organisasi-organisasi internasional dan non-pemerintah
Sub-bagian E. ENTERPRISE THE
Pasal 170. Enterprise
Sub bagian F. PENGATURAN KEWENANGAN KEUANGAN

Pasal 171. Dana Otorita
Pasal 172. Anggaran tahunan Otorita
Pasal 173. Beban Otorita
Pasal 174. Meminjam kekuatan Otorita
Pasal 175. Audit Tahunan

Sub-bagian G. STATUS HUKUM, HAK ISTIMEWA DAN IMUNITAS
Pasal 176. Status hukum
Pasal 177. Hak istimewa dan kekebalan
Pasal 178. Kekebalan dari proses hukum
Pasal 179. Kekebalan dari pencarian dan segala bentuk penyitaan
Pasal 180. Pembebasan dari pembatasan, peraturan, kontrol dan moratoria
Pasal 181. Arsip dan komunikasi resmi Otorita
Pasal 182. Hak istimewa dan kekebalan dari orang-orang tertentu yang berhubungan dengan Otorita
Pasal 183. Pembebasan dari pajak dan bea cukai

Sub-bagian H. PENANGGUHAN DARI LATIHAN HAK DAN HAK ISTIMEWA DARI ANGGOTA
Pasal 184. Penangguhan pelaksanaan hak suara
Pasal 185. Penangguhan pelaksanaan hak-hak dan keistimewaan keanggotaan

BAGIAN 5. PENYELESAIAN SENGKETA DAN PENDAPAT PENASEHAT
Pasal 186. Sengketa Dasar Laut Kamar dari Pengadilan Internasional untuk Hukum Laut
Pasal 187. Yurisdiksi dari Kamar Sengketa Dasar Laut
Pasal 188. Penyerahan sengketa ke ruang khusus Pengadilan Internasional untuk Hukum Laut atau ruang ad hoc dari Kamar Sengketa Dasar Laut atau pada arbitrasi komersial yang mengikat
Pasal 189. Batasan yurisdiksi berkenaan dengan keputusan Otorita
Pasal 190. Partisipasi dan penampilan Negara Pihak mensponsori dalam proses
Pasal 191. Penasehat pendapat

59 Pasal
12 BAB XII. Perlindungan Dan Pelesatarian Lingkungan Laut BAGIAN 1. KETENTUAN UMUM
Pasal 192. Umum kewajiban
Pasal 193. Sovereign hak Negara untuk memanfaatkan sumber daya alam
Pasal 194. Langkah-langkah untuk mencegah, mengurangi dan mengendalikan pencemaran lingkungan laut
Pasal 195. Tugas untuk tidak mentransfer kerusakan atau bahaya atau mengubah satu jenis polusi ke lain
Pasal 196. Penggunaan teknologi atau pengenalan spesies asing atau baru
BAGIAN 2. GLOBAL DAN DAERAH KERJASAMA
Pasal 197. Kerjasama pada basis global atau regional
Pasal 198. Pemberitahuan kerusakan dekat atau aktual
Pasal 199. Contingency rencana terhadap polusi
Pasal 200. Studi program penelitian, dan pertukaran informasi dan data
Pasal 201. Ilmiah kriteria untuk peraturan
BAGIAN 3. BANTUAN TEKNIS
Pasal 202. Ilmiah dan bantuan teknis kepada negara-negara berkembang
Pasal 203. Preferential pengobatan untuk negara berkembang
BAGIAN 4. PEMANTAUAN DAN PENILAIAN LINGKUNGAN
Pasal 204. Pemantauan risiko atau efek dari polusi
Pasal 205. Publikasi laporan
Pasal 206. Penilaian potensi dampak kegiatan
BAGIAN 5. ATURAN INTERNASIONAL DAN PERUNDANG-UNDANGAN NASIONAL UNTUK MENCEGAH, MENGURANGI DAN MENGENDALIKAN PENCEMARAN LINGKUNGAN LAUT
Pasal 207. Polusi dari tanah berbasis sumber
Pasal 208. Polusi dari subjek kegiatan dasar laut yurisdiksi nasional
Pasal 209. Polusi dari kegiatan di Kawasan
Pasal 210. Pencemaran oleh dumping
Pasal 211. Polusi dari kapal
Pasal 212. Polusi dari atau melalui atmosfir
BAGIAN 6. PENEGAKAN
Pasal 213. Penegakan hukum berkaitan dengan polusi dari darat sumber
Pasal 214. Penegakan hukum berkaitan dengan pencemaran dari kegiatan dasar laut
Pasal 215. Penegakan hukum berkaitan dengan pencemaran dari kegiatan di Kawasan
Pasal 216. Penegakan hukum berkaitan dengan pencemaran dengan membuang
Pasal 217. Penegakan oleh Negara Bendera
Pasal 218. Penegakan oleh port States
Pasal 219. Langkah-langkah yang berkaitan dengan kelayakan kapal untuk menghindari pencemaran
Pasal 220. Penegakan hukum oleh negara pantai
Pasal 221. Langkah-langkah untuk menghindari polusi yang timbul dari korban maritim
Pasal 222. Penegakan hukum berkaitan dengan polusi dari atau melalui atmosfir
BAGIAN 7. PENGAMANAN
Pasal 223. Langkah-langkah untuk memfasilitasi proses
Pasal 224. Latihan kekuatan penegakan
Pasal 225. Tugas untuk menghindari konsekuensi yang merugikan dalam menjalankan kekuasaan penegakan hukum.
Pasal 226. Investigasi kapal asing
Pasal 227. Non-diskriminasi terhadap kapal asing
Pasal 228. Suspensi dan pembatasan lembaga pengadilan
Pasal 229. Lembaga proses perdata
Pasal 230. Moneter hukuman dan ketaatan hak yang diakui dari tertuduh
Pasal 231. Pemberitahuan kepada Negara Bendera dan Negara lain yang bersangkutan
Pasal 232. Kewajiban Negara yang timbul dari langkah-langkah penegakan
Pasal 233. Perlindungan terhadap selat yang digunakan untuk pelayaran internasional
BAGIAN 8. ICE-meliputi wilayah
Pasal 234. Tertutup es daerah
BAGIAN 9. TANGGUNG JAWAB DAN KEWAJIBAN
Pasal 235. Tanggung jawab dan kewajiban
BAGIAN 10. HAK KEKEBALAN
Pasal 236. Hak kekebalan
BAGIAN 11. KEWAJIBAN-KEWAJIBAN BERDASARKAN KONVENSI LAIN MENGENAI PERLINDUNGAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN LAUT
Pasal 237. Kewajiban berdasarkan konvensi lain pada perlindungan dan pelestarian lingkungan laut.
46 Pasal
13 BAB XIII.

Riset Ilmiah Kelautan

BAGIAN 1. KETENTUAN UMUM
Pasal 238. Hak untuk melakukan penelitian ilmiah kelautan
Pasal 239. Promosi penelitian ilmiah kelautan
Pasal 240. Prinsip umum untuk melakukan penelitian ilmiah kelautan
Pasal 241. Non-pengakuan kelautan kegiatan penelitian ilmiah sebagai dasar hukum bagi klaim
BAGIAN 2. KERJASAMA INTERNASIONAL
Pasal 242. Promosi kerjasama internasional
Pasal 243. Penciptaan kondisi yang menguntungkan
Pasal 244. Publikasi dan penyebaran informasi dan pengetahuan
BAGIAN 3. PERILAKU DAN PROMOSI PENELITIAN ILMIAH LAUT
Pasal 245. Penelitian ilmiah kelautan di laut teritorial
Pasal 246. Kelautan penelitian ilmiah di zona ekonomi eksklusif dan landas kontinen
Pasal 247. Kelautan proyek penelitian ilmiah yang dilakukan oleh atau di bawah naungan organisasi internasional
Pasal 248. Kewajiban untuk memberikan informasi kepada Negara pantai
Pasal 249. Kewajiban untuk memenuhi beberapa persyaratan
Pasal 250. Komunikasi mengenai proyek-proyek penelitian ilmiah kelautan
Pasal 251. Kriteria umum dan pedoman
Pasal 252. Tersirat persetujuan
Pasal 253. Penangguhan atau penghentian kegiatan penelitian ilmiah kelautan
Pasal 254. Hak tetangga tanah-terkunci Serikat dan geografis kurang beruntung
Pasal 255. Langkah-langkah untuk memfasilitasi penelitian ilmiah kelautan dan membantu kapal penelitian
Pasal 256. Penelitian ilmiah kelautan di Kawasan
Pasal 257. Penelitian ilmiah kelautan dalam kolom air di luar zona ekonomi eksklusif
BAGIAN 4. INSTALASIRISET ILMIAH ATAU PERALATAN  DI LINGKUNGAN LAUT
Pasal 258. Penyebaran dan penggunaan
Pasal 259. Status hukum
Pasal 260. Zona keamanan
Pasal 261. Larangan gangguan terhadap rute pelayaran
Pasal 262. Tanda pengenal dan tanda bahaya
BAGIAN 5. TANGGUNG JAWAB DAN KEWAJIBAN
Pasal 263. Tanggung jawab dan kewajiban
BAGIAN 6. PENYELESAIAN SENGKETA DAN TINDAKAN SEMENTARA
Pasal 264. Penyelesaian sengketa
Pasal 265. Sementara langkah-langkah
28 Pasal
14 BAB XIV. Pengembangan dan Alih Teknologi Kelautan BAGIAN 1. KETENTUAN UMUM
Pasal 266. Promosi pengembangan dan alih teknologi kelautan
Pasal 267. Perlindungan kepentingan sah
Pasal 268. Dasar tujuan
Pasal 269. Langkah-langkah untuk mencapai tujuan dasar
BAGIAN 2. KERJASAMA INTERNASIONAL
Pasal 270. Cara dan sarana kerjasama internasional
Pasal 271. Pedoman, kriteria dan standar
Pasal 272. Koordinasi program internasional
Pasal 273. Kerjasama dengan organisasi internasional dan Kewenangan
Pasal 274. Tujuan Otorita
BAGIAN 3. NASIONAL DAN DAERAH LAUT ILMIAH DAN TEKNOLOGI PUSAT
Pasal 275. Pendirian pusat-pusat nasional.
Pasal 276. Pendirian pusat-pusat regional
Pasal 277. Fungsi pusat regional
BAGIAN 4. KERJASAMA ANTAR ORGANISASI INTERNASIONAL
Pasal 278. Kerjasama antara organisasi internasional
13 Pasal
15 BAB XV. Penyelesaian Sengketa BAGIAN 1. KETENTUAN UMUM
Pasal 279. Kewajiban untuk menyelesaikan sengketa dengan cara damai
Pasal 280. Penyelesaian sengketa dengan cara apapun damai dipilih oleh para pihak
Pasal 281. Prosedur mana penyelesaian tidak tercapai oleh para pihak
Pasal 282. Kewajiban berdasarkan perjanjian umum, regional atau bilateral
Pasal 283. Kewajiban untuk bertukar pendapat
Pasal 284. Perdamaian
Pasal 285. Penerapan bagian ini untuk perselisihan disampaikan sesuai dengan Bagian XI
BAGIAN 2. PROSEDUR WAJIB YANG MENGHASILKAN KEPUTUSAN MENGIKAT

Pasal 286. Penerapan prosedur di bawah bagian ini
Pasal 287. Pilihan prosedur
Pasal 288. Yurisdiksi
Pasal 289. Ahli
Pasal 290. Sementara langkah-langkah
Pasal 291. Mengakses
Pasal 292. Pelepasan segera kendaraan air dan awaknya
Pasal 293. Hukum yang berlaku
Pasal 294. Awal proses
Pasal 295. Kelelahan dari bahan lokal
Pasal 296. Finalitas dan kekuatan mengikat keputusan
BAGIAN 3. PEMBATASAN-PEMBATASAN DAN PENGECUALIAN-PENGECUALIAN TERHADAP BELAKUNYA  BAGIAN 2
Pasal 297. Batas penerapan pasal 2
Pasal 298. Opsional pengecualian untuk penerapan pasal 2
Pasal 299. Hak para pihak untuk menyepakati prosedur

21 Pasal
16 BAB XVI. Ketentuan Umum     Pasal 300. Itikad baik dan penyalahgunaan hak
Pasal 301. Damai penggunaan lautan
Pasal 302. Pengungkapan informasi
Pasal 303. Benda-benda arkeologi dan sejarah ditemukan di laut
Pasal 304. Tanggung jawab dan kewajiban untuk kerusakan
5   Pasal
17 BAB XVII. Ketentuan Penutup Pasal 305. Tanda tangan
Pasal 306. Ratifikasi dan konfirmasi formal
Pasal 307. Pencapaian
Pasal 308. Mulai berlaku
Pasal 309. Reservasi dan pengecualian
Pasal 310. Deklarasi dan pernyataan
Pasal 311. Hubungan dengan konvensi lain dan perjanjian internasional
Pasal 312. Amandemen
Pasal 313. Amandemen dengan prosedur yang disederhanakan
Pasal 314. Amandemen terhadap ketentuan-ketentuan Konvensi ini berkaitan secara eksklusif untuk kegiatan di Kawasan
Pasal 315. Tanda tangan, ratifikasi, aksesi dan teks otentik amandemen
Pasal 316. Berlakunya amandemen
Pasal 317. Pengaduan
Pasal 318. Status Lampiran
Pasal 319. Depositary
Pasal 320. Otentik teks
16 Pasal
Jumlah XVII   BAB 320 Pasal

 

 

 

 

  1. C.    PASAL-PASAL PENTINGNYA DALAM UNCLOS III 1982

Konvensi PBB tentang Hukum Laut (UNCLOS), juga disebut Konvensi Hukum Laut atau Hukum perjanjian Laut, adalah perjanjian internasional yang dihasilkan dari Konferensi Perserikatan Bangsa ketiga United pada Hukum Laut (UNCLOS III), yang berlangsung dari tahun 1973 sampai dengan 1982. Hukum Konvensi Laut mendefinisikan hak dan tanggung jawab negara dalam penggunaan lautan di dunia, menetapkan pedoman untuk bisnis, lingkungan, dan pengelolaan sumber daya alam kelautan. Konvensi menyimpulkan pada tahun 1982 menggantikan tempat 1.958 perjanjian.

UNCLOS diberlakukan pada tahun 1994, setahun setelah Guyana menjadi negara ke-60 untuk menandatangani perjanjian itu. Hingga saat ini 160 negara dan Uni Eropa telah bergabung dalam Konvensi. Sementara Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa menerima instrumen ratifikasi dan aksesi dan PBB menyediakan dukungan untuk pertemuan negara-negara pihak pada Konvensi, PBB tidak memiliki peran operasional langsung dalam pelaksanaan Konvensi. Ada, bagaimanapun, peran yang dimainkan oleh organisasi-organisasi seperti Organisasi Maritim Internasional, Komisi Penangkapan Ikan Paus Internasional, dan Otoritas Dasar Laut Internasional (yang terakhir yang dibentuk oleh Konvensi PBB).

 

Kunci ketentuan UNCLOS:

  • Mengatur Batas
  • Navigasi
  • Eksklusif Zona Ekonomi
  • benua Landas
  • Jauh Dasar Laut Pertambangan
  • The Rezim Eksploitasi
  • Prospek teknologi
  • Pertanyaan Partisipasi Universal dalam Konvensi
  • Pioneer Investor
  • Perlindungan Lingkungan Laut
  • Kelautan Penelitian Ilmiah
  • Penyelesaian Sengketa

 

Dalam Unclos III 1982 terdapat beberapa pasal-pasal penting yang ketentuannya terdiri dari:

  • Ketentuan tentang zona maritim
  1. Pasal 3
  2. Pasal 33
  3. Pasal 57
  • Ketentuan pada survei
  1. Pasal 19
  2. Pasal 21
  3. Pasal 245
  4. Pasal 40
  5. Pasal 39,40, 42, dan 44 adalah Pasal yang berlaku mutatis mutandis untuk kepulauan melihat jalur bagian
  6. Pasal 54
  7. Pasal 246

 

  • Ketentuan tentang batas-batas maritim
  1. Pasal 74
  2. Pasal 83
  • Ketentuan pembajakan
  1. Pasal 91
  2. Pasal 92
  3. Pasal 101
  4. Pasal 105
  • Ketentuan yang berhubungan dengan kabel bawah laut.
  1. Pasal 21
  2. Pasal 58
  3. Pasal 79
  4. Pasal 86
  5. Pasal 87
  6. Pasal 112
  7. Pasal 113
  8. Pasal 114
  9. Pasal 115
  10. Pasal 297
  11. Pasal 300

3 thoughts on “Sejarah UNCLOS Tahun 1982

  1. Mantap’s tulisannya brader eka.., teruskan karya ilmiah nya.., and jangan lupa saring sama teman-teman di Program Pasca Sarjana Prodi IPS, Kosentrasi KWN yang lainnya….

    Suka

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s