Analisis Instruksional, Silabus dan SAP Pendidikan Pancasila

Analisis Instruksional

Mata Kuliah    : Pendidikan Pancasila

SKS               : 2 SKS

analisis

SILABUS

Matakuliah             : Pendidikan Pancasila

SKS                         : 2 SKS

Kode Matakuliah   :

Alokasi Waktu        : 1x2x50 menit

Dosen Pengampu   : Eka Periaman Zai, SH., M.Pd

A. Deskripsi Matakuliah

Mata Kuliah Pendidikan Pancasila merupakan pelajaran yang memberikan pedoman kepada setiap insan untuk mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-maslah pembangunan bangsa dan Negara dalam perspektif nilai-nilai dasar pancasila sebagai ideologi dan dasar Negara Republik Indonesia.

B. Standar Kompetensi

Mahasiswa mampu membangun paradigma baru dalam dirinya sendiri berdasar nilai-nilai Pancasila melalui kemampuan menjelaskan sejarah, fungsi, kedudukan dan hakikat sila-sila pancasila, menganalisis pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa serta merespon persoalan aktual bangsa dan negara, dan menerapkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

C. Kompetensi Dasar

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan dasar-dasar pendidikan pancasila secara historis, filosofis, sosiologis, yuridis serta tujuan dipelajarinya matakuliah Pendidikan Pancasila.

  2. Mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami Pancasila dalam kajian sejarah bangsa indonesia pada era pra kemerdekaan, era kemerdekaan, era orde lama, era orde baru dan era reformasi

  3. Mahasiswa mampu menganalisis nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila pancasila

  4. Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi pancasila sebagai dasar negara

  5. Mahasiswa mampu menganalisis dan membandingkan pancasila sebagai idologi negara

  6. Mahasiswa mampu menganalisis dan mencontohkan pancasila sebagai pandangan hidup bangsa

  7. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan pancasila sebagai sistem filsafat

  8. Mahasiswa mampu memahami dan menjadikan pola hidup pancasila sebagai sistem etika

    D. Topik dan Sub Topik

No

Topik

Sub Topik

1

Menjelaskan dasar-dasar pendidikan pancasila secara historis, filosofis, sosiologis dan yuridis serta tujuan dipelajarinya matakuliah Pendidikan Pancasila

a.       Dasar-dasar pendidikan pancasila secara historis, filosofis, sosiologis dan yuridis.

b.      Tujuan Pendidikan Pancasila

2

Menjelaskan dan memahami Pancasila dalam kajian sejarah bangsa indonesia pada era pra kemerdekaan, era kemerdekaan, era orde lama, era orde baru dan era reformasi

Pancasila pada era pra kemerdekaan, era kemerdekaan, era orde lama, era orde baru dan era reformasi

3

Menganalisis nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila pancasila

Pancasila sebagai suatu sistem Nilai:

a.       Pengertian Nilai

b.      Hirearki Nilai

c.       Hubungan Nilai, Norma dan moral

Nilai-Nilai pancasila sebagai nilai fundamental negara:

a.       Nilai Ketuhanan

b.      Nilai Kemanusiaan

c.       Nilai Persatuan

d.      Nilai Kerakyatan

e.       Nilai Keadilan

4

Menganalsisi dan mengevaluasi Pancasila sebagai dasar negara

a.       Hubungan pancasila dengan pembukaan UUD 1945

b.      Penjabaran pancasila dalam batang tubuh UUD 1945

Keduduan dan fungsi pancasila sebagai dasar negara

Implementasi pancasila dalam pembuatan kebijakan negara dalam bidang politik, ekonomi, sosial budaya dan Hankam

Ujian Tengah Semester

5

Menganalisis dan membandingkan pancasila sebagai idologi negara

a.       Pengertian ideologi

b.      Jenis-jenis idologi dibeberapa negara

Persamaan dan perbedaan ideologi terbuka dan ideologi tertutup

a.       Kedudukan dan fungsi pancasila sebagai ideologi negara

b.      Pancasila sebagai ideologi terbuka

6

Menganalisis dan mencontohkan Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa

a.       Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa secara nasional

b.      Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa secara internasional

7

Memahami dan menjelaskan pancasila sebagai sistem filsafat

a.       Pengertan filsafat

b.      Filsafat pancasila

Hakikat sila-sila pancasila

8

Memahami dan menjadikan pola hidup pancasila sebagai sistem etika

a.       Pengertian etika dan Etika pancasila

b.      Pancasila sebagai solusi problem bangsa, seperti korupsi, kerusakan lingkungan, dll

Ujian Akhir Semester

E. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan untuk :

  1. Memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui revitalisasi nilai-nilai dasar Pancasila sebagai norma dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

  2. Memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila kepada mahasiswa sebagai warga negara Republik Indonesia, serta membimbing untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

  3. Mempersiapkan mahasiswa agar mampu menganalisis dan mencari solusi terhadap berbagai persoalan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara melalui sistem pemikiran yang berdasarkan nilai-nilai pancasila dan UUD NRI Tahun 1945.

  4. Membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, kecintaan pada tanah air dan kesatuan bangsa, serta penguatan masyarakat madani yang demokratis, berkeadilan, dan bermartabat berlandaskan pancasila, untuk mampu berinteraksi dengan dinamika internal dan eksternal masyarakat bangsa Indonesia.

F. Kuliah Prasyarat

G. Referensi

 Kaelan. 2004. Pendidikan Pancasila. Penerbit Paradigma. Yogyakarta

Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia. 2013. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Cetakan keduabelas. Sekretariat Jendral MPR RI. Jakarta

Pimpinan MPR dan Tim Kerja Sosialisasi MPR Periode 2009-2014. 2012. Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Cetakan Kedua. Sekretariat Jendral MPR RI. Jakarta

Rahayu, Ani Sri. 2013. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Bumi Aksara. Jakarta

Santoso, Djoko. 2013. Materi Ajar Mata Kuliah Pendidikan Pancasila. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Jakarta.

Setiadi, Elly M. 2007. Panduan Kuliah Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Sukaya, Endang Zaelani dan Dkk. 2002. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi berdasarkan SK Dirjen Dikti No. 267/DIKTI/Kep/2000. Ed. Kaelan. Penerbit Paradigma. Yogyakarta.

Tim Dosen Pendidikan Kewarganegaraan. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan. Paradigma terbaru Untuk Mahasiswa. CV. Alfabeta. Bandung

                                                                                                                                                                                                                                      Dosen Pengampu Matakuliah,

                                                                                    Eka Periaman Zai, SH., M.Pd

                                                                                               NIDN: 0119019001

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s